4 Tipe Pelanggan Menurut Ernest Kretschmer

tipe-pelanggan-menurut-ernst-kretschmer
Tipe Pelanggan

Sebelum kita menawarkan barang kepada calon konsumen, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu tipe konsumen yang kita hadapi.

Tutur seorang psikolog sekaligus psikiater Jerman Ernst Kretschmer dalam penelitiannya menjelaskan bahwa keperibadian seseorang dapat dilihat dari jasmaniah atau bentuk badannya.

Menurutnya Manusia dapat digolongkan menjadi 4 bentuk tubuh , empat golongan jasmaniah tersebut adalah piknis stenis, leptosom asthenis, atletis, dan displastis.

Tipe Piknis

Pelanggan dengan tipe Piknis (Stenis) biasanya memiliki ciri - ciri tubuh pendek, gemuk, perut besar, dada dan bahunya bulat.

Type ini akan nyata terlihat setelah orang berumur 40 tahun

Contoh perilaku konsumen dengan tipe Piknis (Stenis) adalah suka curiga pada orang lain , dan tidak lekas percaya pada orang lain

Cara penanganan pelanggan oleh penjual pada tipe Piknis Stenis yaitu anda harus bisa menimbulkan simpati dengan pembuktian

Agar dia bisa percaya dengan apa yang anda sampaikan.

Tipe Leptoshom

Pelanggan dengan tipe Leptoshom menurut Ernst Kretschmer memiliki ciri - ciri tubuh tinggi dan ramping, perut kecil, dan bahu sempit.

Perilaku konsumen dengan tipe leptosom biasanya suka murung dan kurang terbuka

Dalam menghadapi pelanggan tipe leptosom Anda harus bisa sabar untuk bertanya , dan pertanyaan andapun harus lincah agar mampu membuatnya terkesan dengan apa yang anda sampaikan.

Tipe Atletis

Ciri - Ciri Pelanggan dengan tipe Atletis postur tubuhnya harmonis (tegap, bahu lebar, perut kuat, dan otot kuat).

Prilaku konsumen tipe Atletis biasanya sabar ,terbuka , dan cerdik dalam segala ha , terutama terhadap apa yang orang lain sampaikan.

Cara penanganan pelanggan tipe atletis yang tepat adalah dengan mempersiapkan diri semaksimal mungkin,  karena kemungkinan pelanggan dengan tipe atletis bakal mengajak anda untuk beradu argumen

Tipe Displastis

Tipe ini merupakan penyimpangan dari ketiga type yang telah dijelaskan diatas

Pelanggan dengan tipe displastis tidak dapat dimasukan ke dalam salah satu dari ketiga type tersebut, karena tidak mempunyai ciri-ciri khusus.

Kretschmer sendiri mengklarifikasi bahwa displastis ini menyimpang dari kosntitusi normal.

Dan itulah empat tipe pelanggan menurut  Ernst Kretschmer dalam penelitiannya, yang dapat anda jadikan acuan sebelum berhadapan dengan calon konsumen.

Comments